Maret 10, 2014

Manuk Pulang Kandang: Reuni Akbar Kolese De Britto

Dimuat di Majalah Educare, edisi Februari 2014

Keluarga besar alumni SMA Kolese de Britto menggelar reuni Manuk Pulang Kandang (MPK, ket. Manuk (jawa = burung). Tema tahun ini: “Ayo Ngumpul (Memitran) Men Dho Guyub”, di kampus SMA Kolese De Britto Yogyakarta (27/12/2013).

Adalah Rm. Dominicus Bambang Sutrisno, Pr. Yang mengawali dengan misa, dan di situ ia mengaku mengalami enaknya bersekolah saat studi di SMA Kolese de Britto.

Romo Bambang  pun mengungkapkan kekagumannya pada Romo Koelman, pamong yang hafal dengan nama semua murid. Saat mengabsen dari satu kelas ke kelas lain cukup dengan melihat kepala mereka dari belakang. Kalau ada yang tidak masuk pasti ia tahu.

Romo Bambang lalu memaparkan perbedaan antara organisasi dan paguyuban. Kalau organisasi harus ada pengurusnya, sedangkan paguyuban lebih bersikap cair. "Contoh paguyuban ialah keluarga. Di sana tidak ada tata tertib tapi tetap nyambung satu sama lain. Karena ada kasih yang melandasi hubungan personal para anggota," katanya.

Pasca perayaan Ekaristi, acara dilanjutkan dengan ramah tamah dan jamuan makan bersama. Aneka menu makanan dan minuman telah tersaji. Sebagian besar ialah jajanan yang dijual di kantin sekolah. Antara lain gado-gado, bakso, tongseng, es teh, es kelapa muda, dll. Keluarga alumni SMA Kolese de Britto juga boleh mengisi waktu menyumbangkan lagu dengan diiringi organ tunggal.

Di sela-sela acara tersebut, Supriatmo, ketua alumni chapter Yogyakarta menyapa para alumni dari luar kota gudeg. Mereka datang dari Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya, dll. Supriatmo juga mengucapkan terima kasih kepada paduan suara pasutri JB ALKID yang telah berlatih setiap Kamis untuk memeriahkan misa syukur tadi.

Dari perwakilan generasi muda, Beda Aruna Pradana selaku ketua panitia acara MPK (Manuk Pulang Kandang) mengatakan bahwa persiapan acara ini tak lebih dari dua bulan. “Pada pertenganah Oktober 2013 saya ditunjuk menjadi ketua panitia. Awalnya saya merasa sungkan karena saya masih alumni baru, lulus dari JB tahun 2011. Tapi saya sudah dipercaya untuk mengurus alumni yang sudah seumuran bapak bahkan mbah saya.”

Kendati demikian, mahasiswa Akuntansi UGM tersebut merasa puas karena acara berlangsung lancar, sukses, dan meriah. “Reuni Manuk Pulang Kandang ini merupakan tempat berkumpul setelah merayakan Natal. Harapannya sesuai tema MPk 2013 ini, kalau sudah berkumpul bisa lebih guyub,” imbuhnya.

Ag. Prih Adiartanto, selaku tuan rumah dan Kepala Sekolah SMA Kolese de Britto juga turut berbagi informasi. Menurutnya kini jajaran direksi di JB bertambah satu pos lagi, yakni Humas (hubungan masyarakat). Salah satu fungsinya untuk menjalin hubungan baik antara pihak sekolah dan para alumni.

“Dua bulan lalu para siswa De Britto telah menjalani live in profesi. Mereka terjun langsung dan mengalami aneka pekerjaan. Tahun depan pada Oktober 2014 juga akan diadakan program semacam itu kembali. Oleh sebab itu, kami membutuhkan informasi terkait profesi yang ditekuni para alumni kini,” imbuhnya.

Pada Januari 2014 mendatang program beasiswa alumni bagi para siswa SMA Kolese De Britto yang kurang mampu mulai diberikan. Nah, itu salah satu tanda konkrit "para manuk" menunjukkan guyubnya!

Tidak ada komentar: