Mei 20, 2016

Welcome Lea Arum Rahajeng Putri (Earth/22 Maret 2016)

Tulisan istri terkait proses persalinan putri kami: Lea Arum Rahajeng Putri
Minggu malam (20/3/2016) jam 22.30 WIB aku mulai merasakan gelombang rahim yang sudah lama dinanti sejak HPL lewat. Rasanya perut mulas dan kencang-kencang. Datangnya kurang lebih 20 menit sekali. Nafas perut dalam-dalam selalu aku praktekkan. 

Pada tengah malam pukul 00.00 WIB aku menyempatkan diri untuk meditasi dan rileksasi dengan mendengarkan CD Hypnobirthing yang dibeli di Bidan Kita http://www.bidankita.com/ dan Aplikasi Kontraksi Nyaman.

Sekitar jam 02.00 WIB hari Senin dinihari aku mengecek pembukaan di bidan Nina dekat rumah. Setelah sampai di sana dan dicek dalam sudah bukaan 4 ke 5. Kami lalu pulang ke rumah lagi di Nyutran.

Sampai rumah jam 04.30 WIB aku kembali mendengarkan CD Hypnobirthing dan Aplikasi Nyaman.

Senin pagi jam 06.00 WIB aku berangkat ke RS Jogja International Hospital (JIH) di Condong Catur, Sleman. Sesampainya di sana aku diperiksa dalam, beda hasilnya dari bidan di dekat rumah, ternyata masih bukaan 2 ke 3.

Sambil menanti gelombang rahim selanjutnya aku menyempatkan diri mandi air hangat dan sarapan pagi untuk rileksasi otot-otot tubuh dan mengumpulkan energi. Suami juga terus memijat akupressur, endhorphin dan oksitosin massage yg dipelajari di kelas persiapan persalinan di Bidan Kita.

Senin siang jam 14.00 WIB aku dicek dalam lagi oleh bidan di JIH. Ternyata sudah bukaan 5. Lalu jam 16.00 WIB dicek dalam lagi sudah naik ke bukaan 7. 

Di sela-sela waktu pemeriksaan dalam aku berjalan-jalan di lorong lantai 3 JIH. Melihat lukisan yang ditempel di dinding dan memandang pepohonan hijau dari balik jendela kaca. Kalau gelombang rahim datang aku tetap bergerak, jongkok, njengking dan fokus ke nafas perut. Suami juga selalu memijat dan mengelus sambil membisikkan afirmasi positif.

Aku pun membawa buku Gentle Birth Balance. Sambil menunggu aku baca-baca lagi utk mengingatkan diri sendiri.

Jam 16.30 WIB sore aku dipindah ke ruang bersalin karena sudah bukaan 7. Gelombang rahim makin sering datang. Di JIH dengan dr. Adi boleh membawa gymball. Jadi tetap bisa goyang Inul di ruang bersalin.

Jam 20.30 WIB dr. Adi datang menjenguk di ruang bersalin. Setelah dicek dalam sudah bukaan 9.

Tapi setelah menunggu sampai keesokan harinya (Selasa, 22 Maret 2016) pembukaan tetap 9. Aku lalu mandi air hangat agar lebih segar.

Lalu aku mempraktekkan video side lying release yang didapat dari bidan Yesie. 

Selasa pagi jam 08.00 WIB dr. Adi kembali datang dan melakukan USG. Air ketuban sudah mulai merembes keluar. Akhirnya kami memutuskan untuk diinfus agar bisa bukaan komplit. Karena sudah menunggu semalam suntuk. Dr. Adi memberi dosis yg ringan saja. 

Sekitar jam 12.30 gelombang rahim datang dengan lebih intens. Aku merilekskan diri dengan nafas perut. Suami juga memutarkan musik intrumental dari HP.

Tepat jam 13.22 WIB malaikat kecil yg kami terlahir ke bumi. Dibantu oleh dr. Adi dan bidan-bidan di JIH.
Sungguh anugerah terindah dari Tuhan yang telah kami nanti 5 tahun sejak pernikahan 11-11-2011. 

Terima kasih bidan Yesie dan teman-teman di Bidan Kita. Tak lupa untuk teman-teman di kelas Pre Natal Gentle Birth Yoga, kalian luar biasa.

Tidak ada komentar: