Februari 21, 2012

Getaran Suara dan Emosi Manusia

Dimuat di RimaNews, Minggu 19 Feb 2012 http://www.rimanews.com/read/20120219/54829/getaran-suara-dan-emosi-manusia


13296231592049224778

Mengeluarkan suara uuuuuuuu.....

Yogyakarta - Salah satu peserta latihan meditasi Neo Self Empowerment (NSE) di Anand Krishna Center (AKC) Joglosemar, Perum Dayu Permai P-18 Jalan Kaliurang sedang mengeluarkan suara “uuuuuuuuu…” Menurut Triwidodo Djokorahardjo - yang menjadi fasilitator sesi Emotion Culturing (Membudayakan Emosi) pada Sabtu (18/2) malam - getaran suara ini dapat memperbaiki kinerja organ-organ tubuh di sekitar dada. Bahkan dapat pula menenangkan emosi yang bergejolak.

Seorang anak yang menangis dengan suara “eeeeeeeee…” - seperti saat melafalkan kata “apel” - biasanya menderita sakit fisik. Barangkali karena lututnya memar akibat terjatuh dari sepeda. Sedangkan, kalau dengan suara “uuuuuuuuu…” - seperti ketika melafalkan antara huruf “u” dan “o” - lazimnya karena jengkel atau sakit hati.

Sebelum mengeluarkan getaran suara, satu hal yang penting ialah me-rileks-kan bagian leher dan pundak. Sebab disanalah pertemuan energi sebelum mencapai otak manusia. Selain itu, mengacu pada penelitian Dr. Masaru Emoto, bila organ tubuh kita diperhatikan niscaya molekul air (H2O) yang terkandung di dalamnya merespon secara positif.

Supaya situasi lebih kondusif, Pak Tri memutarkan alunan intrumental lembut. Ketukannya antara 50-60 per menit sehingga menunjang proses rileksasi. Selain itu, kedua mata juga perlu dipejamkan. Sebab, 70 persen energi manusia keluar dari indera penglihatan tersebut.

Para ahli medis juga mengatakan bahwa enzim seretonin dan endhorphin (morphin alami) hanya diproduksi otak saat cahaya minim diterima retina. Sudah banyak pecandu narkoba melepaskan ketergantungannya selama ini. Sebab, lewat latihan meditasi yang rutin tubuh mereka bisa memproduksi “morphin” sendiri.

13296251381252814388

Fotografer: Triwidodo Djokorahardjo

Tidak ada komentar: