September 07, 2011

Seminar Spiritual Transpersonal Psychology and Interfaith Studies (UC UGM Yogyakarta, Jumat 9/9/2011)

13152773231143568332

SIARAN PERS

Launching Program Pendidikan Online One Earth College of Higher Learning
dan Seminar Spiritual Transpersonal Psychology and Interfaith Studies

Salah satu ciri globalisasi ialah kehadiran jejaring internet. Inovasi teknologi ini memudahkan komunikasi antar manusia. Jarak, ruang, dan waktu tak lagi menjadi penghalang. Pun kemajuan ini mendorong perkembangan diri kita. Bukan sekadar fisik dan pikiran, tapi juga mental, emosional dan jiwa. Terlepas dari ekses negatifnya, teknologi internet dapat meningkatkan kualitas hidup manusia modern.

Pada saat yang sama, banyak celah kekurangan dalam sistem pendidikan nasional kita. Baik dari aspek isi, cara maupun arahnya. Sehingga kita kurang apresiatif terhadap perbedaan. Muaranya berupa pengkerdilan/pematian kreativitas dan penurunan budi pekerti, ketertinggalan dan ketidakmandirian dalam bidang ekonomi, tata pemerintahan dan perpolitikan yang tidak berpihak pada rakyat, ketertinggalan dalam kancah percaturan internasional, dan last but not least berkembangnya radikalisme dan fanatisme berkedok agama.

Termotivasi oleh dua situasi di atas, Yayasan One Earth Integral Education bekerja sama dengan Yayasan Anand Ashram (berafiliasi dengan PBB) mencanangkan program pembelajaran bersama yang memanfaatkan teknologi internet untuk menyebarluaskan pendidikan integral.

Proses pembelajaran ini tak hanya mengasah intelek dan fisik, tetapi juga menyentuh rasa, psikis dan jiwa manusia. Pembangunan karakter, penanaman budi pekerti, nilai-nilai kemanusiaan di atas basis kearifan budaya Nusantara: Kedamaian, Kasih, dan Harmoni menjadi perhatian utama kita.

Bentuknya berupa program pendidikan Online One Earth College of Higher Learning (www.oneearthcollege.com ). Higher Learning merupakan upaya nyata untuk menjangkau nilaiyang belum terakomodir sistem pendidikan kita. Pada awal kelahirannya, One Earth College membuka 2 program, yaitu Spiritual Transpersonal Psychology dan Interfaith Studies.

Secara khsusus, rekan-rekan Wartawan dan Media kami undang untuk meliput dan menyebarluaskan acara Launching Pendidikan Online One Earth College of Higher Learning dan Seminar Spiritual Transpersonal Psychology and Interfaith Studies pada:

Tanggal : Jum’at, 9 September 2011

Jam : 09.00 – 11.00 WIB

Tempat : Ruang Yustisia, UC UGM

Pembicara :

1. Ir. Triwidodo Djokorahardjo, M. Eng (Ketua Program Studi One Earth College)

2. Hendro Prabowo, S.Psi., M.Si. (Akademisi Transpersonal Psychology UGM)

3. Dra. Nadlroh As Sariroh (Aktivis Perempuan dan Pluralisme)

4. Anand Krishna, Ph.D (Program Creator One Earth College)

Terimakasih atas perhatian rekan-rekan Wartawan dan Media, untuk informasi lebih lanjut silakan menghubungi Contact Person: Triwidodo (081326127289) / Suriastini (0811266309).


Term of Reference (TOR)

Pada Februari 2011 Menteri Pendidikan Nasional, Mohammad Nuh menyadari pentingnya pengembangan pendidikan online di Indonesia. Beliau mengatakan bahwa Pendidikan Jarak Jauh - khususnya edukasi berbasis elektronik, e-education, online program - dapat menjadi solusi pemerataan pendidikan. Karena Indonesia memiliki jumlah penduduk yang sangat besar.

“Jika hanya mengandalkan pembelajaran konservatif, kita perlu tambahan infrastruktur yang sangat luar biasa jumlahnya,” ujarnya.

Dalam Soft-launching One Earth College, di Ciawi, 1 September 2011 lalu, Anand Krishna, Program Creator Online Program One Earth College, menyebutkan bahwa Universitas bergengsi seperti Harvard, Columbia sudah me-launching program online.

“Hampir 70 persen Universitas di Amerika dan Eropa sudah memiliki program online, ujar tokoh humanis lintas agama tersebut.

Ia juga menambahkan bahwa yang belum bisa online adalah fakultas Kedokteran, jurusan yang menyangkut teknik atau pratikum di suatu laboratorium. Tetapi itu pun sekarang sudah direncanakan 60-70 persen online, 40 persennya hadir di kelas.

Jadi, sebenarnya program online adalah harapan bagi kita semua sehingga tidak ada lagi satu orang pun orang yang buta huruf.

Disamping itu, program pendidikan jarak jauh melalui Internet memberi banyak keuntungan bagi para praktisi, pendidik, masyarakat umum, maupun profesional yang memiliki kesibukan padat, namun berkomitmen untuk selalu meningkatkan kualitas diri.

Selain biaya yang juga lebih murah dibanding program pendidikan konvensional serta jadual belajar fleksibel, kualitas hasil belajar pun tidak kalah jika dibandingkan dengan yang melalui jalur formal.

Terkait program Spiritual Transpersonal Psychology, Anand Krishna mengungkap pemikiran Ken Wilber dan beberapa tokoh lain. Mereka menelaah kembali tulisan-tulisan William James, Aurobindo, serta tulisan-tulisan dari tahun 1900-an dan 1800-an. Para tokoh tersebut melihat bahwa ternyata selama 100 tahun ini, penilaian kita tentang psikis manusia itu keliru.

Leluhur kita berpatokan bahwa manusia tidak personal dan ego based. Ironisnya, kini Psikologi mengatakan bahwa ego itu adalah yang tertinggi . Jika kamu kehilangan ego, kamu kehilangan segala-galanya.

Sedangkan, spiritual timur mengatakan jika kamu masih punya ego, kamu belum punya apa-apa, ego itu harus dinafikan, no-self, no-mind; dan sekarang itu diakui oleh pemikir-pemikir dunia sehingga terciptalah Psikologi Transpersonal.

Di Amerika dan Inggris, istilah tersebut dikenal dengan nama Integral Psychology. Bahkan kini sudah diakui secara ilmiah bahwa memang inilah Psikologi yang bisa menjawab begitu banyak pertanyaan kita.

Sedangkan terkait Kajian Interfaith Studies. Ini dimaksudkan untuk membantu meningkatkan adaptabilitas, dalam bekerjasama dengan orang-orang yang berlatar belakang berbeda. Sehingga tercapai kemajuan dalam teamwork dengan semangat gotong royong.

Program Online, One Earth College memiliki tujuan yang jauh lebih besar dari pada sekedar “ikut” program. Itulah kenapa persyaratannya minimal pernah mengenyam pendidikan di Universitas dan sudah mantap dalam pekerjaanya. Para peserta yang belajar, diharapkan bisa sharing. Baik saat berinteraksi di kantor, tempat usaha mereka, dan di rumah dalam keluarga. Nantinya program online ini juga akan menjadi bagian dari SKS untuk meraih gelar. Terimakasih.

Tidak ada komentar: