Desember 06, 2011

One Earth School Rayakan International Volunteerism Day


RIMANEWS-Gotong Royong? Kata ini acapkali menjadi topik perbincangan di pelbagai kesempatan. Baik di kampus-kampus maupun di khalayak ramai. Pertanyaannya ialah, "Apakah kita sudah mengaplikasikan Gotong Royong dalam hidup sehari-hari? atau mungkin Gotong Royong semata menjadi bahan diskusi?

Padahal, Kerja Bakti dan Gotong Royong merupakan nilai-nilai budaya luhur Nusantara. Kearifan lokal ini telah berkembang sejak dahulu kala. Ironisnya, kini aplikasi nilai keutamaan tersebut kian meluntur. Karena kurangnya perhatian kita terhadap budaya sendiri. Kita justru lebih condong mengikuti tren yang berkembang di negeri manca. Hal ini tidak bisa dibiarkan terus. Kita musti mengambil langkah pencegahan. Sehingga budaya luhur kita tidak hilang tergerus zaman.

Dalam rangka memperingati Hari Kesukarelawanan Internasional pada Senin (5/12), One Earth School (www.oeschool.org) mengajarkan nilai-nilai Gotong Royong dan Kerja Bakti pada anak-anak komunitas. Tepatnya di daerah sekitar kompleks One Earth School berada. Yakni lewat acara mewarnai bersama-sama tulisan “Gotong Royong” dan “Kerja Bakti” di atas kertas berukuran raksasa.

Anak-anak diharapkan dapat mengenal landasan sikap kesukarelawanan: Gotong Royong dan Kerja Bakti. Sehingga mereka kelak mengaplikasikannya dalam hidup sehari-hari. Lantas, pada penghujung acara anak-anak mendapat bingkisan berupa buku tulis, buku gambar, krayon, dan alat tulis untuk menunjang kegiatan belajar mereka di rumah.

Kegiatan ini mendapat sambutan hangat dan sangat positif dari Ibu-ibu Komunitas (Dasa Wisma) setempat. Tidak hanya berhenti di situ, sebagai kelanjutan acara tersebut One Earth School berencana mengajarkan nilai Gotong Royong dan Kerja Bakti lewat tindakan nyata. Yaitu dengan berkunjung ke salah satu rumah anak-anak dan melakukan “Kerja Bakti dan Gotong Royong.” Misalnya lewat kegiatan bersih-bersih, menyiram bunga, mencabut gulma, menyapu halaman, dan memunguti sampah-sampah.

Kegiatan ini rutin diadakan 1 bulan sekali. Bulan berikutnya akan dilaksanakan kembali di rumah teman lain. Sehingga anak-anak dapat tumbuh dengan semangat Gotong Royong dan Kerja Bakti. Acara ini juga sangat besar manfaatnya bagi anak-anak yang terlibat. Sebab dapat memupuk sikap saling menghargai dan peduli sesama. Sikap-sikap tersebut ialah bagian dari laku kesukarelawanan.

Contact person:
Gilang Nadia Putri, S.S. - Kepala Sekolah One Earth School (081805811417)
Anisa Mira Fauziah, S.E. - Guru Sekolah One Earth School (081805844014)

(Penulis: Ardi Prast, Editor: T. Nugroho, Fotografer: Wayan Suriastini)

Tidak ada komentar: