Juli 29, 2011

Praktik Meditasi dalam Keseharian

Dimuat di RIMANEWS.COM

http://www.rimanews.com/read/20110729/36222/praktik-meditasi-dalam-keseharian

Jumat, 29 Jul 2011 04:09 WIB

RIMANEWS - Yayasan Anand Ashram (YAA) kembali mengadakan bhakti sosial. Acara bulanan rutin ini merupakan sarana menerapkan meditasi dalam keseharian. Pada Minggu (24/7/2011) yayasan lintas agama yang berafiliasi dengan PBB tersebut berkunjung ke Panti Sosial Perlindungan Bhakti Kasih di Jl. Dakota II RT.010/09 Kelurahan Kebon Kosong, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Banner besar terpampang di salah satu pojok Panti. Isinya menyatakan bahwa kita sebagai manusia sejatinya sama. Sehingga harus saling menyelamatkan, melindungi, dan memulihkan. Sebab apa yang terjadi pada dirimu, bisa juga terjadi pada diriku.

Panti yang dikelola Dinas Sosial Pemprov DKI Jakarta ini menampung para perempuan dan anak-anak yang menjadi korban kekerasan rumah tangga ataupun perceraian. Di Panti Sosial Perlindungan Bhakti Kasih, Komunitas Pecinta Anand Ashram (KPAA) memberikan terapi mengatasi kecemasan. Sehingga para penghuni panti dapat mengatasi masalah psikologis mereka. Ketua Panitia, Rudi Hartono menyampaikan kata sambutan dan mengenalkan ihwal YAA.

Selanjutnya, secara lebih rinci Maya Safira Muchtar menjelaskan tentang Program Mengatasi Trauma. Terapis di L'Ayurveda ini pernah mengalami trauma juga. Tapi ia bisa bebas dari hal tersebut berkat latihan meditasi dan bimbingan Anand Krishna.

Para peserta yang terdiri dari 30 orang ini begitu antusias mendengarkan. Mereka ingin segera mempraktikkan terapi untuk membuang kecemasan. Tapi sebelumnya, Dian Martin selaku Fasilitator mendemonstrasikan cara membuang kecemasan tersebut. Analoginya ibarat menuangkan air ke wadah yang lain. Sehingga kita menjadi bersih, lega, dan nyaman. Otomatis kita mampu bangkit untuk mengisi hidup dengan penuh warna.

Awalnya, semua diajak untuk menutup mata dan melihat segala macam kegelisahan di dalam diri. Setelah itu dikeluarkan dengan gerakan, tangisan, ataupun teriakan. Latihan sederhana ini membuat mereka merasa lega. Lantas, peserta diajak bernyanyi dan menari. Sitha Soerjo memimpin sesi heboh ini. Beban peserta yang tadi sudah sedikit terbuang harus diisi dengan sesuatu yang baru. Yakni keceriaan dan semangat.

Beban kehidupan mereka menjadi lebih ringan. Kenapa? karena pancaran oleh energi keceriaan yang berasal dari dalam diri mereka sendiri. Sebagai kenang-kenangan dan ucapan terimakasih Komunitas Pecinta Anand Ashram memberikan cinderamata dan membagikan makanan ke peserta. Acara diakhiri dengan makan bersama dan penyerahan obat-obatan kepada Panti Sosial Perlindungan Bhakti Kasih yang langsung diberikan oleh Anand Krishna.

Tidak ada komentar: