Agustus 07, 2011

Dr Wayan Sayoga Desak Shinta Kencana Kheng Penuhi Panggilan KY

Rabu, 3 Aug 2011 05:36 WIB

Juru bicara Komunitas Pecinta Anand Ashram (KPAA), dr Sayoga, mendesak Shinta Kencana Kheng untuk memenuhi panggilan KY. Sehingga ia dapat mengungkapkan apa yang sebenarnya telah terjadi selama ini.

"Kami mengharapkan Sdri Shinta Kencana Kheng memenuhi panggilan KY kali ini karena kasus dugaan adanya kontak langsung antara Hakim dan Saksi ini sudah cukup lama dilaporkan dan terhambat karena mangkirnya dirinya. Kami harapkan bila mangkir kembali, KY dapat meminta aparat yang berwajib untuk menjemput paksa, agar terungkap apa yang sebenarnya telah terjadi selama ini," tandas dr. Sayoga.

Shinta Kencana Keng berkali-kali disebut saksi-saksi lain sebagai koordinator dalam pertemuan-pertemuan yang diatur oleh Muhammad Djumaat Abrory Djabbar. Tepatnya sebelum dan sesudah pelapor Tara mengadukan hal ini ke Kepolisian. Apalagi ditambah kasus kedekatan dirinya dengan Hakim Hari Sasangka yang sedang diselidiki KY dan MA. Itu semua semakin memperkuat adanya indikasi rekayasa dalam kasus Anand Krishna.

Berbagai kejanggalan yang ditemukan dalam kasus Anand Krishna ini memperkuat dugaan Kuasa Hukumnya, Dwi Ria Latifa SH beberapa bulan yang lalu (22/3) bahwa kasus pelecehan seksual ini hanyalah topeng bagi kriminalisasikan pemikiran-pemikirannya yang dituangkan pada buku, karena dari kesaksian, laporan, dan berita acara pemeriksaan (BAP) di mana penyidik lebih banyak bertanya tentang pemikiran Anand daripada dugaan perbuatan yang dilakukannya.

Mangkir

Proses dugaan Pelanggaran Kode Etik Hakim Hari Sasangka terlantar di Komisi Yudisial (KY). Hakim yang diduga melakukan keberpihakan dalam Kasus Hukum Anand Krishna, dilaporkan Prashant Gangtani ke KY (6/6) karena diduga mempunyai affair dengan salah satu saksi dalam kasus ini, Shinta Kencana Kheng.

Setelah mangkir dari panggilan pertama KY (20/6), Shinta hadir menjadi saksi dalam pemeriksaan ulang dalam Kasus AK, dua hari kemudian (22/6). Menurut kuasa hukum AK, Astro Girsang, kala itu, bahkan saksi tidak konsisten dalam memberikan kesaksian dan merubah keterangannya dari menit ke menit. Shinta juga masih sempat terlihat di PN Jaksel (13/7) pada saat sidang pemeriksaan saksi Farahdiba Agustin.

“Dia mengaku dilecehkan ayah saya dulu tapi kenapa kerap menemui Hakim Hari Sasangka berduaan saja pada malam hari, di tempat yang gelap, dan itu terjadi sampai tiga kali? Apa urusannya? Sudah mangkir dua kali ketika KY ingin memeriksa dirinya, tapi ketika JPU memanggilnya untuk memberatkan ayah saya, langsung datang. Dia terakhir masih hadir di PN Jaksel 13 Juli lalu. Ada apa sebenarnya semua ini?” tanya Prashant Gangtani, anak Anand Krishna.

Shinta Kencana Kheng sudah dipanggil ketiga kalinya oleh KY dengan nomor register: 1698/SET. KY/VII/2011 pada Senin, (25/7) setelah mangkir tanpa alasan pada panggilan pertama dan kedua untuk hadir di Kantor KY, Jln Kramat Raya No. 57 Jakarta. Ia diminta memberikan keterangan atas keterlibatan dirinya dengan Hari Sasangka.

Padahal beberapa saksi yang melihat dirinya berduaan dengan Hari Sasangka sudah diperiksa KY dan MA. Terkait masalah ini ada beberapa bukti yang mengklarifikasi hal tersebut. Yakni berupa ratusan foto dan 5 saksi yang melihat pertemuan antara Hari Sasangka dan Shinta Kencana Kheng di dalam mobil Suzuki Karimun Silver B 1426 KT. (T. Nugroho Angkasa)

Sumber: http://www.rimanews.com/read/20110803/36758/dr-wayan-sayoga-desak-shinta-kencana-kheng-penuhi-panggilan-ky

Tidak ada komentar: