Agustus 30, 2013

Manfaat Senam Otak sebelum Belajar

Dimuat di Suara Merdeka, Sabtu/31 Agustus 2013
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2013/08/31/235261/Manfaat-Senam-Otak-sebelum-Belajar

SEMANGAT belajar siswa dapat didongkrak lewat metode senam otak (brain gym). Ekspe­ri­men ini telah diterapkan oleh Ke­lompok Brain Gym di Amerika Se­rikat, Kanada, Inggris, Aus­tralia, dan Selandia Baru. Prin­sip­nya se­derhana tapi mendalam, yakni ge­rakan merupakan pintu masuk be­lajar siswa.

Penelitian tersebut melibatkan 52 anak dari kelas Pendidikan Pe­nyan­dang Disabilitas. Kelompok Brain Gym memperlihatkan sepaket urutan ge­rakan dan diikuti oleh sebagian besar siswa difabel. Sementara sebagian siswa lainnya hanya melakukan gerakan sembarang, selama kurang lebih tujuh menit.

Tanggap visual dari semua siswa diuji sebelum dan sesudah melakukan gerakan-gerakan. Ternyata anak-anak yang melakukan gerakan senam otak, waktu tanggapnya meningkat, sedangkan kelompok yang melakukan gerakan sembarangan, tidak (Guruchiter Kaur Shalsa and Josie M Sifft: 1989).

Gerakan Silang

Salah satu contoh gerakan brain gym yang bisa dilakukan ber­sa­ma sebelum memulai pelajaran ialah cross crawl alias gerakan silang. Dalam latihan sederhana ini, siswa secara bergantian menggerakkan kaki dan tangan yang berlawanan, mirip seperti gerak jalan di tempat da­lam latihan baris-berbaris. Alangkah lebih meriah kalau diiringi dengan musik yang ceria. Tujuannya untuk mengaktifkan hubungan kedua sisi otak kiri-kanan agar dapat bekerja secara bersamaan dan harmonis saat belajar.

Secara lebih terperinci, Dr Paul Dennison yang telah bekerja selama 20 tahun dalam bidang behavioral optometrists (terapi penglihatan berorientasi pada perilaku dan penglihatan) menandaskan bahwa gerakan silang (cross crawl) merangsang bagian otak yang menerima informasi (receptive) dan juga bagian yang mengungkapkannya (expressive) sehingga proses belajar menjadi lebih terintegrasi.

Masih banyak teknik senam otak lainnya, antara lain putaran leher, pernafasan perut, membayangkan huruf X, lambaian kaki, luncuran gravitasi, tombol imbang, dan lain-lain. Simak gambar dan manfaat gerakan-gerakan tersebut dalam buku Brain Gym cetakan 2006, Gramedia Pustaka Utama. Walau hanya membutuhkan waktu sebentar sebelum memulai proses belajar, senam otak dapat meningkatkan kecakapan membaca, berpikir, memahami, menulis, dan kesadaran diri siswa. (24)

1377911561955695812
Sumber Foto: www.binaural-brainwaves.com

1 komentar:

ouchzine mengatakan...

good, bagus bro, mampir di majalah online amatir kami ya