Desember 23, 2007

Pesan Maria Magdalena

Dimuat di Rubrik Pustaka, Media Indonesia 22 Desember 2007.

Mawar Mistik, Ulasan Injil Maria Magdalena
Penulis: Anand Krishna
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Edisi: I, 2007
Tebal: v + 196 halaman

Buku berjudul Mawar Mistik, Ulasan Injil Maria Magdalena ini memuat paparan Anand Krishna seputar percakapan Yesus dan Maria Magdalena.Tatkala manusia menyadari jati dirinya, ia serasa berada dalam pelukan Bunda Alam Semesta. Saat itu, ada tiga kemungkinan.

Pertama, ibarat bunga yang baru mekar, ia menoleh ke kanan dan ke kiri, ternyata banyak kembang lain yang mekar bersamaan. Kedua, bunga tadi melihat kembang yang pernah mekar dan kini layu. Senada dengan ucapan Shri Krishna kepada Arjuna di padang Kurusetra 5.000 tahun silam. Ketiga, bunga tadi tidak menoleh ke mana-mana, ia sibuk memperhatikan dirinya,"Akulah Kebnaran Hakiki, tiada kebenaran di luarku!" (hlm 80).

Pengalaman Sang Mawar Mistik unik. Miriam dari Magadhi membuat terobosan barus. Sebab, ketika mekar, ia sontak bersimpuh di hadapan Sang Master,"Rabi, aku tak tahu apa yang terjadi, tapi sesuatu tengah terjadi," ungkapnya dengan penuh kerendahan hati. Sehingga Uskup Agung Genoa, Jacobus de Voragine, menyebut Maria Magdalena sebagai Illuminata sekaligus Illuminatrix - ia yang cerah dan mencerahkan (Golden Legend, 1250).

Injil Maria Magdalena ini dicatat para pengikut setia Isa Sang Masiha, tapi lantas hilang selama berabad-abad. Baru ditemukan kembali pada 1896 di Mesir. Selama 2.000 tahun ini, hanya beberapa orang yang melihat kesucian dalam diri Maria Magdalena. Bahkan, hierarki Gereja sendiri menganggapnya sebagai waniat biasa yang lahir dan melacurkan diri. Konon setelah Yesus "pergi" para murid merasa ragu. Buku ini juga memuat pesan Maria Magdalena kepada mereka.

Tidak ada komentar: