Maret 26, 2011

Ayu Diah Pasha Dukung Anand Krishna


http://edukasi.kompasiana.com/2011/03/26/ayu-diah-pasha-dukung-anand-krishna/

Sabtu (26/3) Anand Krishna memasuki hari ke-18 aksi mogok makan. Sebelum hakim menangguhkan penahanan pria kelahiran Surakarta 54 tahun silam tersebut, Anand tetap bersikukuh melanjutkan perjuangan tanpa kekerasan ala Mahatma Gandhi ini.

Walau tokoh HAM sekaliber Adnan Buyung Nasution (Kamis, 24/3) menganjurkan agar ia berhenti, penulis produktif 140 buku itu tak bergeming pada niat awal demi tegaknya keadilan bagi kaum tertindas di Republik ini.

Beberapa aktivis perempuan terjebak pada isu pelecehan seksual yang sengaja dihembuskan para “korban”. Dalam tanda kutip karena mereka sejatinya “pelaku”. Yang memainkan peran untuk membungkam aktivis spiritual lintas agama tersebut. Berikut segala kegiatan pemberdayaan diri yang dilakukan oleh Yayasan Anand Ashram (berafiliasi dengan PBB) sejak 14 Januari 1991 silam.

Sentimen gender sekedar alat untuk memainkan perasaan. Kendati demikian, Ayu Diah Pasha tak terkecoh. Sebab aktris senior ini memiliki pengalaman pribadi sejak 1995 di Anand Ashram. Tak sekedar membaca dari beberapa media tertentu yang memblow up kasus ini.

Tanpa memperhatikan etika cover both sides dan asas praduga tak bersalah. Sehingga terjadi fenomena penghakiman lewat media massa alias trial by the press. Untungnya, masih ada media non mainstream seperti kompasiana yang memberi keleluaaan bagi para jurnalis freelance mendudukkan persoalan pada tempatnya.

Menurut Ayu prinsip dan cita-cita Anand Krishna ialah memperjuangkan terwujudnya saling apresiasi antar pemeluk agama dan kepercayaan yang bhinneka di Indonesia. Ayu tak percaya dengan tudingan saksi-saksi di persidangan yang menyatakan bahwa Pak Anand telah melakukan pelecehan seksual.

“Apa mungkin seorang Anand Krishna yang mempunyai pemikiran menjunjung tinggi martabat perempuan melakukan tindak pelecehan seksual? Saya meragukan sekali hal itu,” ujarnya di Galeri Cafe TIM, Cikini, Jakarta Selatan, Sabtu (19/3).

“Mewujudkan one sky, one earth, one human kind, itu yang kami perjuangkan untuk ada di bumi Indonesia ini,” pungkas pemain film Cinta 2 Hati ini .

Sumber foto: http://www.kapanlagi.com/showbiz/selebriti/ayu-diah-pasha-pak-anand-keras-karena-keyakinan.html

Mohon dukungan di http://freeanandkrishna.com/

Tidak ada komentar: