Juni 25, 2013

Inspirasi Penggugah Semangat

Dimuat di Surat Pembaca, Suara Merdeka, Rabu/26 Juni 2013

Johnny, seorang penyandang lemah mental. Kendati demikian, dia tetap bekerja di salah satu supermarket di Amerika. Dengan tekun, dia menjalankan tugas memasukkan barang-barang belanjaan pelanggan. Posisi dia berdiri tepat di belakang kasir. Ketekunan, kejujuran, dan keramahannya, menimbulkan kekaguman dalam diri para pelanggan. Alhasil, supermarket tersebut selalu dipenuhi pembeli. Pertanyaannya, kenapa para pelanggan begitu tertarik?

Ternyata sembari memasukkan barang-barang belanjaan pelanggan, Johnny memasukkan juga kertas warna-warni yang bertuliskan kata-kata inspiratif. Petuah-petuah bijak tersebut dia tulis di rumah. Lalu, dia bawa pada waktu bertugas jaga. Lambat laun para pelanggan merasa ada sesuatu yang menggugah seusai mereka belanja. Johnny berhasil berbagi semangat dan menorehkan kenangan yang tidak terlupakan.

Hal sederhana yang mempunyai dampak signifikan inilah yang saya terapkan juga seusai pembelajaran ekskul bahasa Inggris di SMP Kanisius Sleman. Selalu ada sebuah kata mutiara sebagai gong penutup pelajaran. Misalnya, kata-kata dari Plato (427-347 SM), ''Be kind, cause everyone you meet is fighting a hard battle''. Kemudian para siswa mengartikannya bersama, ''Berbaik hatilah, karena setiap orang yang engkau temui tengah berjuang keras dalam hidupnya''.

Uniknya, pada suatu ketika ada salah satu murid mengusulkan ide brilian, ''Pak, bagaimana kalau di setiap pemberhentian lampu merah dipasangi kata-kata mutiara juga?'' Alhasil, ruang-ruang publik tidak hanya dipenuhi iklan - meminjam istilah Sumbo Tinarbuko - sampah visual, tapi juga ada nilai-nilai keutamaan.

Saya berdecak kagum pada gagasan tersebut, tapi tentu para pengampu kebijakan publik yang memiliki otoritas untuk memberlakukan. Setidaknya, kami bisa mulai menempelkan kata-kata mutiara di ruang kelas. Senada dengan pendapat Aesop, ''No act of kindness, no matter how small, is ever wasted''. Tiada kebajikan, betapapun kecilnya, yang sia-sia.

Sumber Foto: www.live-life-abundance.com

Tidak ada komentar: