Oktober 17, 2008

Hemat Air

Saat ini ancaman pemanasan global (global warming) begitu nyata, sehingga urgen untuk kita sikapi bersama. Berikut ada beberapa fakta dan tindakan sederhana dalam keseharian hidup untuk menyelamatkan bumi.

Saat menyikat gigi apabila menggunakan air kran maka kita membutuhkan kurang lebih 6 liter air. Sedangkan kalau memakai gelas cukup menghabiskan setengah liter saja. Lantas untuk mencuci mobil/motor bila menggunakan ember, cukup dengan 30-75 liter air. Tapi bila memakai semprotan selang bisa menghabiskan 300 liter air.

Menurut statistik rata-rata orang Indonesia memakai 144 liter atau 8 galon air setiap orang per hari. Bahkan di kota besar setiap orang per hari bisa menghabiskan 250 liter atau 13 galon air lebih. Fakta lain membuktikan bahwa pemakaian shower lebih irit ketimbang penggunaan gayung air.

Khusus untuk alat listrik apabila tidak digunakan lebih baik dimatikan saja. Jangan membiarkan alat listrik tersebut berada pada kondisi stand by. Kenapa? karena pada kondisi on, alat elektronik masih menggunakan daya listrik sebesar 5 watt.

Air hujan bisa mengurangi dampak pemanasan global. Caranya dengan membuat sumur resapan atau sumur biopori, membuat bak penampung air hujan seperti yang banyak ada di Gunungkidul.

Tidak ada komentar: