Oktober 21, 2008

Waspada Susu "Melamin"

Dimuat di Rubrik Jagongan, Harian Jogja, Rabu, 22 Oktober 2008

Jumlah bayi penderita keracunan susu bermelamin terus bertambah. Ironisnya, kita tak tahu persis melamin itu apa. Menurut ahli kedokteran, zat ini hanya dipakai untuk membuat keramik, triplex, dan perabot rumah lainnya. Melamin sama sekali tidak boleh dikonsumsi oleh manusia.

Kalau manusia mengkonsumsi melamin, maka ginjalnya akan rusak. Orang yang terkena batu ginjal sulit untuk buang air. Walau batu tersebut bisa dioperasi, tapi penderita musti cuci darah, kalau tidak bisa keracunan air seninya sendiri.

Tapi kenapa melamin bisa ada di susu bayi? Karena serbuk ini sangat mirip dengan susu bubuk. Lazimnya susu bubuk terbuat dari susu sapi yang kaya protein. Tapi dengan mencampurkan melamin ke susu bubuk bisa mengurangi biaya (cost) produksi. Sungguh keterlaluan! Nyawa manusia tersubordinasi oleh fulus.

Pada awal tahun 2007, makanan kucing dan anjing buatan (made in) Cina terdeteksi mengandung melamin. Bahkan pada tahun 2008, banyak bayi di sana masuk rumah sakit karena menderita batu ginjal. Dampak melamin pada bayi memang sangat berbahaya. Ginjalnya masih kecil dan asupan bayi setiap hari hanya susu. Saat ini di Cina tercatat 13.000 bayi keracunan melamin.

Kita wajib berhati-hati saat hendak mengkonsumsi produk susu impor dari Cina. Lebih baik menggantinya dengan Air Susu Ibu (ASI), susu kedelai, atau produk lokal lain yang relatif aman. Akhir kata, waspadailah produk-produk impor. Karena pihak asing acapkali menjual dengan harga semurah mungkin (dumping), tapi tanpa memperhitungkan aspek kesehatan konsumen. Rahayu!

1 komentar:

infogue mengatakan...

Artikel anda di

http://orang-tua-anak.infogue.com/waspada_susu_melamin_

promosikan artikel anda di infoGue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur info cinema, game online & kamus untuk para netter Indonesia. Salam!