April 18, 2011

Gema Suara dari Bali: Bebaskan Anand Krishna

OPINI | 19 April 2011 | 03:01 1 0 Nihil


1303156851996791195

http://freeanandkrishna.com/

Denpasar, 17 April 2011
Hal: Undangan

Kepada Yth.:
Seluruh Rakyat Indonesia
di Mana pun Berada

Dengan hormat,


Ancaman terhadap pluralisme dan persatuan bangsa sedang terjadi di negeri ini. Seorang tokoh pluralisme dan pejuang kebangsaan yang selama ini sangat berani menyuarakan persatuan dan menentang segala tindakan yang memecah belah bangsa, Anand Krishna (AK), sedang dibungkam. Anand Krishna ditahan sejak 9 Maret lalu atas kasus pelecehan seksual yang tidak terbukti dan sidang belum berakhir. Sidang yang dimulai bulan Agustus 2010 lalu akhirnya dibelokkan ke arah buku-buku, pemikiran-pemikiran Anand Krishna serta kegiatan-kegiatan Yayasan Anand Ashram.

Penahanan terhadap AK adalah cacat hukum dimana asas praduga tak bersalah diabaikan. Ini adalah upaya pembungkaman sistematis dimulai dari pembunuhan karakter kemudian penahanan. Sebagai tindakan protes terhadap ketidakadilan yang diterimanya, AK menjalani mogok makan sejak penahanannya 9 Maret lalu. AK tidak menginginkan hal serupa terjadi pada siapapun sehingga AK bertekad melakukan itu sampai pembebasannya dari tahanan. Padahal kondisi AK sangat lemah karena sedang menderita penyakit jantung dan diabetes. AK telah pasang badan di depan rela mengorbankan jiwanya, kini saatnya kita bersatu melanjutkan perjuangan demi keutuhan dan kejayaan bangsa.

Masyarakat Bali yang cinta damai tentu saja tidak akan tinggal diam jika seorang tokoh kebhinekaan dan pejuang yang sangat intens dan berani menyuarakan perdamaian dan persatuan di Indonesia, yang selalu mengajak masyarakat Bali untuk tetap menjaga budaya Bali ini diperlakukan tidak adil. Ancaman terhadap pluralisme adalah ancaman besar untuk Bali.

Dengan demikian, kami dari Dewan Persatuan Pasraman Bali yang didukung oleh seluruh elemen masyarakat dari berbagai kalangan bersama-sama mengadakan aksi damai dengan tema “Gema Suara dari Bali: Bebaskan Anand Krishna” sehingga suara dari Bali akan bergaung dan menginspirasi seluruh masyarakat Indonesia untuk menyuarakan kebenaran dan menegakkan keadilan untuk kebebasan Anand Krishna sebagai bentuk perjuangan menjaga budaya nusantara, Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika. Karena apa yang sesungguhnya terjadi terhadap AK, yang tidak lain adalah suatu upaya pembungkaman terhadap upaya persatuan dan kesatuan serta merupakan upaya pemberangusan budaya dan peradaban.

Untuk itu, kami mengundang Bapak/Ibu/Sdr. untuk menghadiri Acara Aksi Damai tersebut yang akan diselenggarakan pada:

Waktu : Rabu, 20 April 2011
Pukul : 16.00 – Selesai
Tempat : Monumen Perjuangan Rakyat Bali Bajra Sandi, Renon Denpasar
Acara : Doa Bersama,Orasi, Pagelaran seni oleh para tokoh dan artis.

Kami mohon undangan ini dapat disebarkan seluas-luasnya ke seluruh masyarakat di Bali khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya.

Untuk konfirmasi kehadiran dan informasi lebih lanjut dapat menghubungi panitia:


Ibu Oka (081338052252) atau email: oka_ratnayani@yahoo.com
Kastawan (081999105843) atau email: ikkstn@yahoo.com

Atas perhatiannya dan dukungannya, kami mengucapkan banyak terima kasih.

Hormat kami,
Ketua Panitia

Agus Januraka

Mengetahui,
Ketua Dewan Persatuan Pasraman Bali

Made Aripta Wibawa, SH, M.Ag

http://sosbud.kompasiana.com/2011/04/19/gema-suara-dari-bali-bebaskan-anand-krishna/

Tidak ada komentar: